Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 21 Januari 2010

they never care!


gua udah males dengan semua kepura2an gua selama ini. dengan tampang sok manis mencoba untuk tetap tersenyum, sebisa mungkin nutupin semua kekurangan hidup gua. saat gua nulis ini, air mata gua keluar deres. gua nggak bohong. hati gua perih kalau terus berpura-pura. nggak akan pernah ada yng ngertiin perasaan gua.

disini gua coba untuk tetap bertahan, nerima semua pelajaran yang hampir setiap saat pengen buat gua muntah, tapi gua bertahan. gua nggak boleh minta macem2, uang kuliah gua mahal banget. kadang timbul pertanyaan dalam hati gua, apa gua pernah minta semua ini? gua nggak pernah minat!! apa gua berontak dan kabur dari rumah? enggak sob, gua cuma diem di kamar dengan berurai air mata nyeselin apa yang nggak bisa gua lakuin.

bokap gua pernah cerita tentang masa kecilnya, beliau mati2an pengen masuk teknik, tapi kakek gua pengen bokap jadi guru. apakah bokap nurutin kakek gua? enggak juga sob, bokap gua nekat, nggak mau banget jadi guru. keadaannya mungkin sama kayak gua sekarang. yang kakek gua tau, jadi guru itu bisa langsung kerja, dapet gaji. sama kayak yang bokap nyokap pikir sekarang. jadi dokter itu hidup enak, punya banyak duit, bisa nolong orang. gua nggak abis pikir, bokap pernah ngerasain apa yang gua rasain sekarang, tapi tetep berkeras dengan kemauannya sendiri. kalo emang saat itu bokap nurutin kakek, bokap mungkin nggak bakal kayak sekarang, gua juga nggak mungkin pernah ada. bukan nggak mungkin gua bisa lebih baik dari apa yang bokap nyokap harapkan kan?

gua nggak sampai hati kalau harus berontak dan nolak. waktu gua ikut bokap ke acara keluarga di jambi, gua ketemu sama temen bokap. tuh bapak bilang, dia temen sekolahnya bokap. dia bilang bokap orang yang pinter, gua bangga banget saat itu. sampai dia bilang "kamu jadi nanti jadi dokter ya, itu yang bapak kamu mau" gua tersentak banget. entah kenapa saat itu gua bertekat banget mesti masuk kedokteran. gua coba ilangin cita2 gua belajar design di paris, atau sekedar jadi arsitektur rumahan. gua bertekad ngilangin semua impian dan harapan gua. yang baru gua sadari sampe sekarang gua nggak pernah bisa ngilangin itu semua.


gua nggak pernah nyesel, dengan keadaan yang sekarang, gua juga yakin bokap nyokap ngelakuin itu untuk kebaikan gua. tapi semua yang mereka kasih ke gua bikin gua tamabah stress. gua bukannya nggak pernah bilang kalo gua nggak mau di sini. hari pertama kuliah, gua semakin sadar ada beban berat yang mereka titipkan di pundak gua. gua nangis2 curhat kalo pelajarannya sulit banget gua fahami. gua bukan tipe anak yang hobi belajar, gua cuma belajar kalo lagi mood aja, gua nggak pernah belajar serius, dari SD kerjaan gua nggak pernah serius. gua ranking itu cuma kebetulan. gua belajar kalo deket ujian aja, dan akan hilang setelah ujian. dan format belajar yang kayak gitu, nggak bisa gua terapkan disini. gua mulai gila. 

waktu bermain gua jadi sedikit, bahkan mereka sudah mulai milih2 temen gua. dan keliatan banget kalo mereka nggak suka sama temen gua, mereka bakal nunjukin itu ke gua. sebelumnya mereka nggak pernah peduli, gua berteman sama gembel sekalipun. gua kayak anak emas, lebih tepatnya di sangkar emas. gua tersiksa dan mereka nggak tahu, atau mungkin nggak peduli. gua nggak boleh ini, nggak boleh itu gua ngerasa terkekang. ini cuma pandangan gua aja atau memang begitu adanya, karena orang2 merhatiin gua dengan cara yang berbeda. mereka nganggep gua pinter, gua spesial atau apapun itu. mereka nggak pernah tahu kalo gua itu bodoh, semua informasi yang gua dapet cuma nol besar. gua nggak lebih dari mereka. dan itu kebenarannya. gua nggak mau mereka nganggep gua gitu lagi, gua nggak mau!! gua cuma mau jadi gadis biasa, yang bebas berteman dengan sapa aja, dengan pengemis, anak jalanan, anak panti, pengamen dan siapapun itu. gua nggak mau mereka nganggep gua beda! adek2 gua juga gitu, segala macem pertanyaan ditanyain ke gua, emang gua ensiklopedi berjalan. gua nggak ngerti yang mereka tanyain, itu faktanya. 

untung gua ketemu rere, di sini. dia bisa gua ajak menggila bareng. kita sering keliling UNSRI. kalo kita pengen jadi anak FISIP kita akan nongkrong di FISIP, ngeliatin mereka, cara mereka dan gua suka itu. tapi gua paling suka FT, bukan cuma tmptny bgus, tapi gua emang pengen ada disana. itu cara gua buat ngilangin kesadaran gua kalo gua anak F*..walaupun it nggak pernah ngaruh. gua bisa ngeliat bedanya. waktu gua sama rere ke kantin teknik, waktu ntu, gua baru ambil buku pesenan gua d tifa. dengan nyantainya gua masuk ke tengah2 anak FT, it udah biasa sebenernya, gua ma rere emang biasa nongkrong di mana aja. tapi, kali ini beda. tatapan mereka ke kami lain. mereka mengamati kami dalam2. beneran deh, gua risih tak ampun!! tapi gua tetep dengan kepura2an gua, gua tetep acuh tak acuh. itu yang gua nggak mau mereka tau. waktu gua daftar organisasi tingkat universitas aja, mereka (org2 yang ada di organisasi itu) udah ngeliatin kita yang beda. sampe akhirnya gua sadar, kesibukan gua disini beda. buktinya, saat gua nulis ini, temen2 gua pada libur semesteran semua, sedangkan gua besok pleno dan seabrek jadwal kulia lainnya. gua tetep have fun kok ^^

apapun itu gua tetep berusaha, gua coba segala macem cara. mau nggak mau gua udah milih jalan ini, gua harus hadapi ini.

gua juga udah janji sama rere, "gua nggak bakal jadi gila, nangis dan stress gara2 ini, saat gua bener2 down kita akan menjelajah UNSRI lagi *atau apapun itu dan ngilangi smua beban yang gua rasain !! gua akan bersenang2 dan belajar mencintai hal ini"

3 komentar:

Rie Rie mengatakan...

Perbedaan kita...Aku dulu pingin jadi dokter atau bidan atau setidaknya perawat... tapi emakku bilang belajar tak perlu lama2 dan tak perlu tinggi2. Mungkin itu adalah kilah saja bahwa sebenarnya tak ada biaya, untuk makan saja beliau harus memeras peluh.

Sampai suatu hari aku harus pergi keluar negeri, tak ada yang tau, tak ada yang memberi restu. Empat tahun berlalu dan aku pikir aku cukup punya uang untuk melanjutkan sekolah, setidaknya di SPK saja, namun kenyataan berpihak lain. Menangis? tentu.

Kembali pergi keluar negeri, dengan harapan yang sama, empat tahun kemudian aku pulang. Lagi, kenyataan tak berpihak padaku. Menangis? bergunakah?

Siapa bilang hidup ini harus adil? Yang adil hanyalah milikNya.

Kini aku belajar untuk ikhlas, itu saja, dan itu meringankan hari2ku.

maaf kalau komentarku kepanjangan dan mungkin ga nyambung, salam kenal ya...makasih dah singgah di blogku...

duileonita mengatakan...

@ rie rie : wah, kisahnya bikin aku tersentuh mbak. aku juga udah mulai nerima kok. kadang yang kita mau, g sama kayak yang Dia kasih, tapi kalo ikhlas kita akan liat sesuatu yang indah diujungnya :)

Unknown mengatakan...

semunya sudah di atur oleh Allah. dan smua yg kit lakukan akan manis pada akhirnya

Posting Komentar